Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Adakah Normal Jika Ibu Hamil Sering Bermimpi?

Mimpi-mimpi selama hamil adalah cara alami untuk membantu perempuan melewati proses transformasi dari seorang perempuan menjadi ibu.

Perubahan hormonal yang terjadi saat hamil — terutama pergerakan hormon progesteron — bisa membuat ibu hamil lebih sering bermimpi dan mimpinya juga terasa lebih nyata. Begitulah penegasan Mary O’Malley, MD., PhD., psikiater sekaligus dokter spesialis tidur dari Norwalk Hospital Sleep Disorders Center, Amerika Serikat. Mimpi yang muncul biasanya tergantung usia kehamilan, dan kerapkali membuat ibu hamil terbangun di malam hari.

Frekuensi mimpi bertambah. Ahli lainnya, Patricia Garfield, PhD., psikolog klinis, pendiri Association for the Study of Dreams, Amerika Serikat dan penulis buku “Women Bodies, Women Dreams,” frekuensi mimpi selama kehamilan akan bertambah, bahkan bisa kian menggila. Hal ini disebabkan oleh desakan hormon dan campuran berbagai perasaan yang berkecamuk. Dari perasaan gundah akan perubahan bentuk tubuh, kekhawatiran akan keadaan janin hingga perubahan hidup selama hamil dan setelah melahirkan.

Hal yang perlu disadari, menurut Patricia, tak ada yang dapat mengartikan secara pasti makna mimpi yang dialami seseorang. Namun dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, pada setiap tahapan kehamilan ternyata muncul beberapa gambaran mimpi dengan tipe serupa. Dari situlah para ahli menginterpretasi mimpi yang dialami ibu hamil.

Ibu Hamil dan Mimpi

Ibu Hamil dan Mimpi

Kredit: http://www.ayahbunda.co.id

Google Tag Search Result: